Selasa, 13 Mei 2014

Seni terindah.

"Menurutmu, apa itu seni yang paling indah? Kalau untukku, mungkin ciptaan Tuhan yang disebut wanita."
Seni, adalah sesuatu yang abstrak. Apa yang kamu tahu tentang seni? Mungkin bagi sebagian orang yang umum, seni adalah sesuatu yang dipelajari manusia--tentang keindahan,harmonisasi,dan lainnya. Atau definisi lainnya seni adalah ungkapan ekspresi manusia yang ditumpahkan atau dicurahkan pada suatu bidang, entah itu berupa nada-nada indah, lukisan agung, atau tulisan terhalus yang pernah ada. Bagiku, seni bisa berarti apa saja.

Seni, menurutku adalah ungkapan ekspresi seorang pencipta yang ia tuangkan pada sebuah perbuatan dimana melukis, mencipta nada, membuat syair, adalah salah satu hal yang umum dilakukan. Tetapi lebih dari itu, seni adalah perbuatan mempengaruhi penikmatnya, dimana dalam karya yang ia cipta dapat membuat penikmatnya merasakan emosi yang dirasakan penciptanya. Seni adalah sebuah mimpi dimana ilmu pasti tidak bisa menjabarkannya. Seni adalah hasil keindahan yang dapat menggerakkan perasaan indah orang yang melihatnya. Seni, adalah apa yang aku lakukan setiap hari. Karena aku percaya satu hal :
"Sesuatu yang indah meninggalkan kenangan, dan apa yang dilakukan manusia setiap harinya adalah membuat kenangan."
Seni, dapat dituangkan ke berbagai benda nyata yang ada di dunia. Ia bisa diekspresikan, tapi tak dapat dijabarkan. Kami, seorang seniman memiliki cara sendiri untuk menuangkan ekspresi kami. Kami dapat menuangkannya dalam bentuk lukisan, sebuah garis-garis yang mengalun lembut pada sebuah media yang menghasilkan gambar, atau dalam sebuah tulisan dimana penggambaran akan sesuatu dilakukan melalui untaian kata-kata yang mengambang, mengambil imajinasi untuk sekedar dikembalikan pada diri sendiri. Kami dapat menuangkannya dalam bentuk nada-nada, untaian suara yang dihasilkan berbagai benda di bumi yang menghasilkan suatu irama, mengalun indah pada gendang telinga sang pendengar mengantarkan ekspresi sang pencipta nada. Seni ada dimana-mana, jajaran pohon di satu sudut kota adalah seni, pergerakan manusia di suatu tempat masyarakat adalah seni, Aku menikmati seni, karena itu aku menjadi salah satu penciptanya.

Namun ada satu hal, apa itu seni terindah?
Seni, seperti yang aku sebut adalah sesuatu yang abstrak, sama seperti waktu, makna hidup manusia dan segala yang kutahu adalah ciptaan-Nya. Aku, mengembalikan seni yang terindah kepada pencipta dari seni itu sendiri, Tuhan.
"Tuhan menciptakan yang aku sebut seni, aku pula yang menyimpulkan patokan terindah dari sebuah seni adalah ciptaan-Nya. Aku menyebutnya wanita"
Tuhan menciptakan momen momen indah yang pernah kau lihat. Tuhan pula yang menciptakan apa yang kau gunakan untuk menikmati keindahan itu, apalagi yang mau kau bantah tentang seni terindah adalah hal yang diciptakan Tuhan sementara untuk mengukurnya pun kamu perlu apa yang Tuhan berikan?

Momen dimana bulan bersama dengan para bintangnya menerangi kota di malam hari dan membentuk suatu barisan tertentu adalah seni yang indah. Lukisan tentang pandangan alam dimana semua elemen tergambar di dalamnya adalah seni yang indah. Simfoni yang dilantunkan suatu orkestra di malam yang hangat yang menghanyutkan indra pendengaran adalah indah. Namun ada satu hal, dimana bersama hal itupun, keindahan ia bawa, ia menggambarkan seni itu sendiri, dan dengan sosok itu terciptakan momen-momen lain yang indah. Aku, menyimpulkan wanita adalah benda ciptaan Tuhan yang paling indah. 

Pernahkah kamu menggambarkan sesosok wanita, dan membandingkannya dengan semua hal indah di dunia? Matanya yang bagaikan permata indah misalnya? atau rambut yang gemulai seperti untaian benang sutra yang halus tak terhalang apapun, dengan senyum seindah matahari di saat ia menampakkan senyumnya yang malu-malu di balik sebuah gunung pada pagi hari? Aku pernah, karena lukisan pertama yang aku buat adalah wanita.
"Wanita, adalah sesosok permata yang belum diasah, semakin kau melihatnya semakin kau sadar akan cahaya di baliknya. Wanita tidak tidak-indah, ia hanya belum menemukan mata yang tepat untuk memandangnya. Karena Manusia terpisah, manusia mencari, dan manusia menemukan."
Keindahan wanita, akan bertambah seiring kau jatuh cinta dengannya. Karena cinta adalah manifestasi dari kata indah itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar