Minggu, 21 September 2014

Bercerita tentang Cinta.

Aku akan berbicara tentang satu kata
satu kata yang akan sering kalian dengar,
dan mungkin sering diucapkan,

Aku akan berbicara tentang cinta.

Tapi…
tidakkah itu terbalik?
Bukankah sebenarnya,
hmmm…..
Cinta lah yang bercerita?

Cinta itu, aku ingin bisa mendefinisikannya…
Cinta itu mempermainkan, ya mempermainkan.
Tapi cinta itu sendiri dipermainkan,
jadi apakah cinta itu sebuah 'permainan'?

Cinta itu bercerita, ya, dia memberikan cerita.
Dan cinta seringkali diceritakan,
Aku, sekarang salah satunya.
Jadi apakah cinta itu sebuah 'cerita'?

Cinta itu kebahagiaan,
semua yang pahit hanyalah karena kamu, dia, aku,
tidak mempunyai yang namanya cinta itu,
jadi sebenarnya apa rasa 'cinta'?

Cinta adalah sebuah kata, yang dibuat oleh manusia dan juga didefinisikan oleh manusia. Sama seperti semua hal-hal yang mungkin ada di lembaran kertas ini, yang ada di tumpukan lembaran buku, yang ada di setiap ucapan selamat pagi oleh seseorang, di setiap perkataan penting-maupun normatif pada keseharian setiap orang, bahkan pada kertas-kertas yang menempel di dinding-dinding tempat berlalu lalang kakimu, kakiku, dan kakinya.
Semua ada pada derajat yang sama.
Semua adalah kata yang dibuat, dan didefinisikan oleh manusia.

Tapi mengapa, kata cinta ini sulit untuk didefinisikan,
diceritakan,
dibahasakan,
dirasakan,
dimanusiakan,
padahal, kata ini yang aku, kamu, mereka rasakan setiap hari.
Kata yang selalu muncul dan ada menyelimuti kita sama halnya dengan bulan, dan matahari
hanya lima huruf, yang membentuk begitu banyak definisi dan cerita-cerita.

Aku, kamu, dia, mereka,
gunakanlah semua kata ganti manusia, orang-orang,
dan aku bisa menjamin, setiap yang kau sebutkan pasti pernah, dan mungkin merasakan cinta itu sendiri.
Pertanyaannya sama,
Apa aku pernah jatuh cinta?
Apa aku sedang jatuh cinta?
Bagaimana tanda bahwa cinta itu benar ada?
Darimana adanya membuktikan cinta itu benar?
Cinta itu apa?
Cinta itu apa?
Cinta itu apa?

Aku yang mencoba mendefinisikan cinta, aku sendiri yang paling tidak mengetahui tentangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar